Fakta Menarik Seputar Profil Irfan Bachdim

Profil Irfan Bachdim

Dalam kancah dunia sepak bola Indonesia, Irfan Bachdim telah menjelma sebagai salah satu gelandang kebanggaan Indonesia. Ia mulai dikenal di Indonesia usai menyumbangkan gol untuk Timnas pada piala AFF 2010. Jago menggocek bola dan berwajah yang tampan sosoknya pun menjadi idola, berikut adalah dari profil Irfan Bachdim yang patut untuk disimak!

Berdarah Campuran

Sudah bukan rahasia lagi, jika Irfan Bachdim merupakan salah satu pemain Indonesia yang memiliki darah campuran. Akibat hal ini, Irfan Bachdim sempat diisukan sebagai pemain naturalisasi saat pertama kali bermain untuk Timnas senior Indonesia pada tahun 2010. Padahal, dari sejak awal Irfan Bachdim memang merupakan warga negara Indonesia.

Irfan Bachdim dilahirkan di Amsterdam, Belanda pada 11 Agustus 1988. Ayahnya merupakan warga negara Indonesia, sedangkan ibunya, merupakan warga negara Belanda. Ia menghabiskan sebagian besar masa kecil hingga remajanya di Belanda dan baru kembali ke Indonesia saat umurnya 22 tahun.

Dibesarkan Dari Keluarga Pecinta Sepak bola

Sepak bola bukanlah hal yang asing bagi Irfan Bachdim sejak kecil, Ia dibesarkan dari keluarga yang sangat mencintai olahraga sepakbola. Ayahnya, Noval Bachdim pernah aktif sebagai pemain sepak bola dan bermain untuk klub PS Fajar Lawang pada era 80-an. PS Fajar Lawang merupakan anggota dari kompetisi internal Persekam Malang.

Bukan hanya sang ayah, kakek Irfan Bachdim yang bernama Ali Bachdim juga merupakan mantan pemain sepakbola. Kakek Irfan Bachdim merupakan seorang purnawirawan Angkatan Laut yang bermain untuk klub PSAD Jakarta dan Persema Malang.

Pernah “Merumput” di Belanda

Sebelum resmi bermain untuk Timnas Indonesia, Irfan ternyata telah lebih dulu berkarir sebagai pemain sepak bola di Belanda. Irfan pernah mengikuti pelatihan di akademi sepak bola Ajax Amsterdam dalam kurun waktu tiga tahun. Setelah itu, Irfan pun bergabung bersama SV Argon dan memiliki julukan sebagai gelandang dengan pencetak gol terbanyak.

Kemampuannya yang mumpuni saat menggocek bola, membuat Irfan pun dilirik oleh akademi klub bola lainnya. Ia pernah direkrut oleh tim pencari bakat FC Utrecht dan menandatangani kontrak untuk bermain bersama tim junior FC Utrecht. Tak hanya bermain untuk tim junior, Irfan juga menjadi pemain cadangan untuk tim senior FC Utrecht.

Karir di Indonesia

Setelah bermain di klub Utrecht junior, Irfan memutuskan untuk pindah ke HFC Haarlem pada tahun 2009. Tak kunjung mengalami peningkatan karir, Irfan pun mengikuti seleksi yang diselenggarakan oleh Persib Bandung dan Persija Jakarta namun gagal. Pada Agustus 2010, Irfan pun direkrut untuk bermain di Persema Malang dengan posisi sebagai gelandang.

Profil Irfan Bachdim sebagai gelandang sepak bola pun semakin diakui, tatkala ia berhasil menembus jajaran pemain Timnas Indonesia. Ia ditunjuk oleh Alfred Riedl, pelatih Timnas untuk bermain dalam Timnas senior Indonesia di ajang Piala AFF 2010. Ia tampil cemerlang dalam laga tersebut dan berhasil menyumbangkan beberapa gol bagi Timnas Indonesia.

Kehidupan Pribadi

Tak hanya karir sepak bolanya saja yang menarik untuk diikuti, kehidupan pribadi dari Irfan Bachdim juga sangat menarik. Ia memiliki kisah yang berliku bersama dengan istrinya, Jennifer Jasmin Kurniawan atau lebih dikenal dengan nama Jennifer Bachdim. Jennifer, merupakan seorang model keturunan Jerman dan Tionghoa yang kini menetap dan berkarir di Indonesia.

Berawal dari perkenalan mereka di Facebook, kedua sejoli ini menjalin hubungan sejak tahun 2009. Jennifer merupakan kakak kandung dari Kim Jeffrey Kurniawan yang merupakan teman satu tim Irfan saat bermain di Persema Malang. Irfan dan Jennifer menikah di Jerman pada tahun 2011 dan kini telah memiliki tiga orang anak.

Itulah dia tadi, pembasahan singkat dari profil Irfan Bachdim yang menarik untuk disimak. Perjalanan karir dan kehidupan pribadi Irfan Bachdim memang sangat berliku untuk sampai ke posisinya yang sekarang. Namun meski begitu, ia tak pernah patah semangat dan selalu mampu menjadi sumber inspirasi bagi banyak orang disekitarnya.

 

 

READ  Profil Mohamed Salah si Raja Pesepak Bola Mesir

You May Also Like

About the Author: Irfan Utama