Profil Mohamed Salah si Raja Pesepak Bola Mesir

Profil Mohamed Salah

Mohamed Salah, pesepak bola dari Mesir yang memiliki banyak julukan oleh para fans, salah satunya Messi dari Mesir. Pemain dalam klub Liverpool asal Inggris yang langsung menjadi pemain terbaik di Premier League saat pertama kali debutnya di tahun 2017. Untuk lebih mengenal sang legenda, berikut profil Mohamed Salah raja pesepak bola Mesir!

Masa Kecil Mohamed Salah

Mohamed Saleh yang mempunyai nama lengkap Mohamed Saleh Hamed Mahrous Ghaly merupakan pesepak bola asal Mesir beragama islam. Lahir pada tanggal 15 Juni 1992 di desa kecil yang berjarak 150 km dari Kairo yaitu Nagrig, Ghabria, Mesir.

Mohamed Salah atau akrab dipanggil Mo Salah memang mempunyai hobi bermain sepak bola sejak ia masih kecil. Mo Salah sering bermain bersama temannya di lapangan bola yang tidak jauh dari rumahnya. Mo salah bergabung dengan salah satu klub bola Mesir yang bernama El Mokawloon pada tahun 2006.

Memang terbilang usia yang cukup muda, Mohamed Salah menjadi pesepak bola pada usia 14 tahun. Namun hal itu tidak menyurutkan semangat dan tekadnya untuk bergabung. Mo Salah yang mengidolakan sang legendaris pesepak bola asal Prancis, Zidane sebagai inspirasi dan motivasi bagi dirinya untuk menjadi pemain sepak bola internasional.

Kisah Cinta Sang Juara

Tak hanya masa kecil, kisah cintanya menjadi salah satu profil Mohamed Salah yang banyak ditelusuri oleh para fans. Mohamed Salah menikah dengan Magi Mohamed Sadiq yang merupakan teman satu sekolah di Gharbia, Mesir pada tanggal 17 Desember 2013. Keduanya melaksanakan pernikahan di Nagrig kampung asal Mo Salah.

Magi, sang istri diketahui memiliki profesi sebagai ahli bioteknologi. Penampilannya seperti wanita muslim lainnya, memakai kerudung dan dikenal sebagai sosok yang sederhana. 

Tidak hanya itu, Magi sejak dulu adalah seseorang yang selalu menemani dan mendukung Mo Salah dalam merintis karirnya. Pernikahan Mohamed Salah dan Magi yang sudah berjalan hampir 8 tahun ini dikaruniai dua orang putri cantik bernama Makka dan Kayan.

Perjalan Singkat Karir Mohamed Salah

Merintis awal karier sebagai pemain junior di El Mokawloon pada tahun 2006, Mohamed Salah dengan kepiawaiannya bermain sepak bola akhirnya dipindahkan pada tahun 2010 ke tim utama sebagai pemain senior.  

Karier yang diawali dengan menjadi seorang bek dan kemudian dijadikan sebagai penyerang karena ketajaman permainannya. Pada tahun 2012, Mohamed Salah bergabung dengan klub Basel, tim sepak bola Swis dan menjadi pemain paling berharga di Swiss Super League 2013 serta meraih penghargaan Swiss Golden Player

Hal tersebut menarik perhatian klub sepak bola Inggris, Chelsea dan merekrut Mo Salah tahun 2014. Pada saat masih bergabung dalam klub Chelsea, Mo Salah sempat dipinjamkan ke klub Fiorentina dan AS Roma.

Saat berada klub AS Roma, Mohamed Salah dinobatkan sebagai Roma Player of the Season (2015-2016) dan pada akhirnya dibeli oleh klub tersebut. Karena ketangkasan dan kehebatan Mo salah dalam bermain, karirnya semakin merebak. 

Pada tahun 2017 direkrut oleh salah satu klub Inggris, Liverpool. Mo Salah pun memikat para fans Liverpool dengan performanya di Premier League ( 2017-218), menyandang penghargaan sebagai pemain terbaik musim.

Tidak hanya mengharumkan nama klub saja, Mohamed Salah juga berperan penting dalam Tim Nasional Mesir. Ikut dalam Timnas Mesir dalam pertandingan Africa U-20 Cup of Nations dan memenangkan perunggu dan membantu Mesir lolos dalam FIFA World Cup 2018. Itulah Profil Mohamed Salah, The Egyptian King!

 

READ  Fakta Menarik Seputar Profil Irfan Bachdim

You May Also Like

About the Author: Irfan Utama